INDONESIA KIRIMKAN PESERTA JAMBORE DUNIA KE-22 DI SWEDIA

Posted on Updated on

ambore Dunia ke-22 akan diselenggarakan dari tanggal 27 Juli s.d 7 Agustus bertempat di Kristianstad, Swedia. Diperkirakan sekitar 40.000 pandu dari seluruh dunia akan hadir. Bumi perkemahan yanga dipergunakan adalah di RINKABY, agak sedikit di luar kota Kristianstad di Selatan Swedia.

Thema Jambore Dunia kali ini adalah “Simply Scouting”. Dengan ide Simply Scouting, terdapat tiga konsep penyelengaraan Jambore Dunia di Swedia in, yaitu : Pertemuan (meeting), Kegiatan Alam (Nature), dan Solidarity (persaudaraan).

Jadual Jambore :

25 Juli 2011; Hari kedatangan para peserta.

27 Juli 2011- 7 Agustus 2011; Kegiatan Jambore Dunia.

8 Agustus   20110; Hari kepulangan awal peserta.

Para calon peserta harus berusia 14-17 tahun saat kegiatan berlangsung (tanggal kelagiran antara 25 Juli 1993 hingga 27 Juli 1997).

The International Service Team

Panitia dari seluruh dunia ditunggu keikutsertaanya oleh Organisasi Kepanduan Swedia, diperkirakan 8.000 panitia yang akan diterjunkan dalam kegiatan jambore kali ini. The International Service Team (IST) terbuka bagi siapa saja anggota kepanduan/Pramuka yang berusia di atas 18 tahun (kelahiran 24 Juli 1993 ke bawah).

Sebanyak 133 pelajar Pramuka Indonesia yang akan mengikuti Jambore Pramuka Sedunia Ke-22 di Swedia mulai menjalani pemantapan di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (23/7). Kontingen Pramuka Indonesia yang dibagi menjadi dua pasukan garuda dan dua pasukan melati ini mendapat pembekalan mengenai kegiatan jambore yang berlangsung 27 Juli – 7 Agustus 2011.

Pramuka penggalang dan penegak Indonesia ini mengikuti Jambore Pramuka Sedunia di Bumi Perkemahan Rinkaby, Kristianstad, Swedia. Para pelajar Pramuka Indonesia ini merupakan bagian dari 191 anggota Kontingen Pramuka Indonesia ke Jambore Dunia.

Dalam pemantapan di Cibubur, masing-masing pasukan yang dipisahkan antara pasukan pramuka laki-laki dan perempuan menyiapkan yel-yel. Para pramuka Indonesia memasukkan unsur lagu-lagu daerah yang bersemangat untuk yel-yel tiap pasukan.

Selain itu, peserta juga diminta untuk menuliskan inti pesan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat pelepasan di Istana Negara Jumat kemarin. Presidenm antara lain berpesan supaya Pramuka Indonesia dapat menjadi duta Indonesia, menjalin persahabatan untuk dapat bersama-sama di masa depan bekerjasama menghadapi tantangan global.

Ketua Kontingen Pramuka Indonesia ke Jambore Dunia dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia, Brata T Hardjosubroto, mengatakan kegiatan Jambore Pramuka Dunia merupakan peluang untuk menjalin kerjasama dan persahabatan di antara anggota Pramuka dari negara-negara lain. Diperkirakan sekitar 40.000 peserta dari 160 negara anggota organisasi dunia bergabung di Swedia.

Kegiatan-kegiatan yang berlangsung selama Jambore Pramuka Sedunia memberikan kesempatan bagi peserta untuk belajar tentang perdamaian, kesehatan, hak asasi manusia, lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, kewirausahaan, serta teknologi informasi dan komunikasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s